Jumat, 21 Maret 2014

Pengalaman Tentang Saat Penulsan Ilmiah dan Sidang Penulisan Ilmiah

Sobat blogger yang baik hatinya Salam Super untuk semua weleh jadi kaya pak Mario Teguh ni saya. Wah sudah 1 bulan saya tidak update tentang postingan karna banyaknya tugas kuliah yang menumpuk dan mengejar IPK yang pas-pasan. Untuk kali ini saya mungkin akan berbagi tentang bagaimana saya menghadapi Sidang untuk mendapat gelar D3 ( Setara Sarjana Muda ) dan bagai mana kesulitan yang saya alami pada saat itu oke langsung saja saya berbagi.

Pertama kali saya memasuki semester 6 dan mendapatkan Mata Kuliah Penulisan Ilmia ini saya benar-benar tidak berfikir untuk membuat applikasi atau akan menganalisa permasalahan apa. Oh ya hampir aja lupa saya adalah mahasiswa jurusan Sistem Informasi. oke di lanjut lagi ya ceritannya ya, memang pada saat itu saya juga belum mengetahui Dosen Pembimbing saya akan mendapatkan yang seperti apa dan sifatnya seperti apa saya juga masih memikirkan itu.

Ketika pada saat masuk pada pelajaran Penulisan Ilmiah itu saya mendengar bahwa dosen yang menjadi pembimbing saya ini adalah dosen lulusan Swedia. Wah otomatis  saya langsung berfikir kalo dosen dari lulusan S2 di Luar Negri itu akan dapat judul atau membuat aplikasi yang sulit dan ketika dosen tersebut datang fikiran pun berubah menjadi tenang dan hati rasanya berdebar-debar bukan karna tegang tapi karna dosen pembimbing yang saya dapat adalah dosen yang masih muda dan cantik pula jadi ya taulah.

Setelah bertemu dan melakukan konsultasi tentang judul Penulisan yang saya akan buat baik melalui E-Mail dan SMS utnuk membicarakan itu semua dan akhirnya penulisan saya membuat applikasi Android. Pada saat itu pikiran memang tidak memikirkan apapun judulnya dan Dosen Pembiming saya pun memberikan 3 pilihan judul untuk saya pada saat itu yaitu :

  • Rumah Sakit Daerah Bali
  • Panggilan Dalurat
  • dan Kamus Bhs Perancis - Indonesi > Indonesia - Perancis
lalu saya memilih untuk membuat sebuah aplikasi yang berjudul " Info Rumah Sakit di Bali " dan mulailah saya mencari seputar info RS yang ada di Bali dan merancang tampilan untuk aplikasi tersebut dan memuat Navigasi dan Flowchard. Pada saat itu DP (dosen pembimbing) saya ruangannya berada di kampus Depok ( dekat Stasiun Pondok Cina) atau Kampus D Gunadarma.

Ketika bimbingan itu saya masih sering memdapatkan koreksi untuk navigasi dan flowchard yang salah dan ketika semua sudah benar saya melanjutkan kedalam tahap pembuatan aplikasi tersebut dan pertama kali memang sangat sulit untuk membuat program Android pada saat itu memang ketika itu saya belum menguasainya dan saya pun belajar dengan teman seperjuangan saya yang sama-sama membuat aplikasi berbasis Android tersebut dengan usaha dan pengorbanan yang setimpal wah lebay ya hehehe.

Lalu ketika aplikasi yang saya buat sudah selesai saya mengalami masalah pada saat uji coba di handphone Android milik saya pada saat itu masalah yang saya alami tidak tebukanya lokasi dimana lokasi RS itu berada dan saya mecobanya kembali menginstall di handphone teman saya dan aplikasinya berjalan dengan lancar tidak ada masalah nah saat itu saya sadar kesalahannya apa dan bagaimana cara mengatasi semua yaitu dengan mengganti ROM handphone saya ya wajar pada saat itu saya menggunakan Costome ROM yang tidak stabil.

Selanjutnya saya bimbingan lagi ke depok dan membawa layout yang sudah selesai, kemudian saya memberikan penulisan untuk BAB 1 dan BAB 2. Kemudian DP saya memberikan saran lagi pada saya tentang penulisan yang dibuat dan DP saya bertanya " Kamu pakai aplikasi Ms.Word ya" dan saya pun menjawab "Iya" lalu DP saya menyarankan menggunakan aplikasi LaTeX untuk penulisan saya dan mau tidak mau saya pun belajar lagi untuk menggunakan aplikasi tersebut dan ketika itu saya mengalami error pada penulisan yang saya buat dan saya konsultasi melalui E-mail dan masalah yang saya alami tentang memasukan gambar, coding (script aplikasi), dan daftar pustaka. Kemudian DP saya memberi tahukan saya agar mencarinya di Google menggunakan Bahasa Inggris dan masalah selesai sudah. Kemudian saya daftar sidang pada loket bagian sidang di kampus D dan mendapat tanggal sidang yang ditentukan oleh kampus.

Ketika semua sudah di ACC oleh dosen dan semua sudah selesai lalu muncul masalah 3 hari sebelum sidang aplikasi saya tidak dapat dibuka lalu saya mencoba mencari solusinya dan menemukannya. lalu pada saat sidang PI kita harus membawa :

  1. Surat daftar sidang
  2. fotocopy Penulisan sebanyak 3x
  3. Transparansi Presentasi
  4. Aplikasi penulisan
  5. Laptop ( jaga-jaga karna siapa tau dosen penguji meminta anda menjalankan aplikasi yang ada buat)
Berpakaian :
Wanita :
  • Rok Bahan hitam
  • Baju Putih
Pria :
  • Baju Putih tangan panjang
  • Celana Panjang Bahan Hitam
  • Sepatu Pantopel
  • Dasi

Nah pada saat sidang saya sengaja datang lebih pagi dari jadwal yang sudah ditentukan dan sialnya saya dulu itu saya hanya fotocopy dan mengclipnya saja kemudian saya cepat-cepat menjilid ke 3 fotocopy penulisan dan beruntungnya tepat waktu dan saya sempat tidak makan siang. Lalu ruang sidangpun dibuka sayapun menuliskan absen ke 1 karna pada saat itu saya penasaran bagaimana situasi saat sidang itu.

Ketika dipanggil untuk memasuki ruang sidang usahakan agar penampilan rapih , ucapkan salam sebelum memasukin ruangan, lalu letakan transaransi ke OHP dan terangkan materi penulisan yang sudah dijadikan Transparansi se sopan mungkin dan bila dosen sudah bertannya tentang materi yang anda presentasikan jawablah dengan sopan dan jangan sampai anda menentang dosen penguji yang akan merevisi peulisan dan ketika semua sudah selesai semua ucapkan terimakasih dan keluar lah lalu lihat kelulusan pada loket pendaftaran sidang  dengan melihat NPM anda keesokan harinya ya revisi saya dulu adalah membuat abstraksi menjadi Bahasa Inggris dan membuat Jurnal ya mungkin saja pada saat anda sidang nanti akan berbeda lagi dengan revisi saya tergantung Dosen Penguji.

Demikian pengalaman saya tentang Sidang Penulisan Ilmiah dan Pembuatan Penulisan Ilmiah semoga bermanfaat dan berguna bagi anda dan mohon bantuan juga mengklik iklan yang ada pada blog ini terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar